5 Tips Jitu Memilih Desain Logo Untuk Toko Online

Mencari logo yang tepat untuk toko online bukanlah perkara yang mudah, menentukan logo adalah salah satu hal yang penting dalam memulai bisnis. Seorang Logo Designer Paul Rand mengatakan, “Sebuah logo adalah a flag, a signature… a street sign” Logo harus jelas dan bisa mendefinisikan model bisnis kepada target audiensmu. Saat ini banyak sekali jasa pembuatan logo perusahaan baik itu offline maupun online yang bisa kamu gunakan jasanya untuk membuat logo toko online.
Tapi jika kamu ingin mendesain logo sendiri, pada artikel kali ini akan kita bahas semuanya tentang bagaimana membuat logo yang tepat dan berkualitas untuk toko onlinemu.

Mudah Di Ingat dan Unik

Logo harus secara visual bisa menyampaikan visi dan misi toko online. Hal ini juga harus membuat kesan yang kuat dan abadi, yaitu sesuatu yang membuat pelanggan mudah mengingatnya. Dengan kata lain kamu harus membuat logo yang unik dan tidak menyerupai logo perusahaan lain untuk menghindari dari kebingungan.

Tepat Guna

Sekedar membuat logo saja itu mudah, tapi apakah itu tepat guna? Pertama kamu harus secara jelas mendeskripsikan merekmu. Kemudian memastikan pesan apa yang ingin disampaikan ke pelanggan melalui logo tersebut.

Timeless (Abadi)

Pastikan logo abadi yaitu tidak bergantung pada suatu tren tertentu. Cobalah pikirkan gaya desain seperti gradien, lapisan transparan, dan font futuristik yang populer beberapa tahun yang lalu.

Pewarnaan Yang Sesuai

Dapatkan hasil maksimal dari logo dengan menggunakan warna-warna yang bisa mewakili merek. Menurut 99design, beberapa asosiasi warna umum adalah:
. Merah: Gairah, Kemarahan, Semangat, Cinta, Bahaya
. Orange: Kreativitas, penyegaran, Unik, Stimulasi
. Kuning: Pengetahuan, Energi, Kegembiraan, Akal, Pemuda
. Hijau: Kesuburan, Kekayaan, Penyembuhan, Kesuksesan, Pertumbuhan
. Biru: Pengetahuan, Kepercayaan, Ketenangan, Tenang, Damai, Dingin
. Ungu: Royalti, Kebijaksanaan, Spiritualitas, Imajinasi
. Putih: Kesucian, Penyembuhan, Kesempurnaan, bersih, Kebajikan
. Gray: Keseimbangan, Kecanggihan, Netralitas, tidak terikat
. Black: Takut, Kerahasiaan, Formal, Mewah


Sederhana dan Jelas

Esensi logo itu dimaksudkan agar memudahkan pelanggan untuk mengingat merek. Cobalah tampilkan logomu ke orang asing selama 10 detik. Apakah mereka mendapatkan ide yang baik dari logo merekmu? Jika tidak, buatlah desain yang lebih sederhana. Jangan terlalu rumit, hindari menggunakan lebih dari 2 jenis font, dan hapus desain yang tidak perlu. Bagaimana apakah tips diatas dapat membantu untuk menentukan seperti apa logo toko onlinemu? Selamat berkreasi.

Previous
Next Post »